Thursday, March 17, 2011

Berdoa




















Yohanes 14:7b
(....mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.)


Banyak orang yang sudah mengetahui ayat ini sehingga banyak juga yang menjadikan ayat ini sebagai pegangan mereka saat mereka berdoa dan berharap doa mereka dikabulkan. Sehingga saat Tuhan seakan-akan tidak menjawab doa mereka, mereka mulai kecewa kepada Tuhan. Jangan kita mau yang enaknya saja, tapi kita juga harus melakukan apa yang bagian kita.
Tidak salah kalau kita berpegang pada ayat ini, tapi ada hal yang patut kita perhatikan saat kita berdoa.

A. Yohanes 15:7
"Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya."

Hal pertama yang harus kita perhatikan adalah kita tetap tinggal didalam Tuhan dan firman Allah tinggal didalam kita. pertanyaan ekarang, apakah benar kita tetap tinggal dalam Tuhan?
banyak orang rajin ikut persekutuan ibadah tapi kelakuannya sama sekali tidak mencerminkan KRISTUS. Saat di gereja malaikat Tuhan jadi minder dibuatnya, tapi setelah keluar dari gereja, giliran si Iblis yang minder melihat kelakuannya yang jahat. apakah ini yang dikatakan tinggal didalam KRISTUS?? TIDAK...!!!!
kalau kita tinggal didalam KRISTUS maka akan kelihatan dalam kehidupan kita sehari-hari. orang akan melihat sungguh KRISTUS ada dalam hidup kita.
berikutnya firman Allah tinggal dlam kita..?? Tak jarang banyak orang yang memiliki Alkitab yang berdebu. kok bisa...?? yah, karena banyak orang Kristen yang hanya membuka Alkitabnya sekali seminggu yaitu saat ikut ibadah minngu. itupun kalau mereka ikut ibadah, kalau tidak maka Alkitab meeka pun tidak dibuka.
kalau kita mau Firman Allah tinggal dalam kita, hendaknya kita senantiasa membaca dan merenungkan Firman Tuhan itu. bukan cuma itu, tapi kita juga menjadi pelaku Firman Allah.

B. Mazmur 66:18

"Seandainya ada niat jahat dalam hatiku, tentulah Tuhan tidak mau mendengar."

Hal berikutnya yang perlu kita ketahui yaitu jangan sampai ada niat jahat dalam hati kita. janganlah kita merancang kejahatan dalam hati kita. Banyak orang berdoa kepada Tuhan karena mereka mempunyai tujuan atau motivasi yang salah. Terkadang orang berdoa meminta sesuatu kepada Tuhan untuk menyombong kan diri pribadi.
Sekali lagi jangan pernah menaruh niat yg tidak baik dalam hati kita.

C. Yakobus 5:16b
"Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya."

Berikutnya kita harus berdoa dengan yakin atau dengan iman kita. Kita mesti berdoa dengan yakin dan percaya bahwa Tuhan akan mengabulkan doa kita. Saat kita berdoa, jangan sampai ada keraguan dalam hati kita. Ingat Tuhan selalu sedia mendengarkan setiap seruan doa kita. Percayalah dan Yakin Tuhan pasti mangabulkannya.

D. I Yohanes 5:14
Dan inilah keberanian percaya kita kepada-Nya, yaitu bahwa Ia mengabulkan doa kita, jikalau kita meminta sesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya.

Berikutnya saat kita berdoa, hendaknya kita membiarkan kehendak Allah yang jadi dalam hidup kita. sering kali kita berdoa seakan-akan kita memaksakan kehendak kita yang jadi. sehingga kita tidak membiarkan Allah bekerja dalam hidup kita. Ingat, ...! biarkan Tuhan bekerja dengan caranya sendiri. Tuhan mempunyai rancangan damai sejahtera dalam hidup kita. Biarkan kehendak Tuhan yang jadi dan buka kehendak kita.

E. Yohanes 14:14
"Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya."

Hal terakhir yang perlu kita perhatikan adal saat kita meminta sesuatu kepada Tuhan, kita minta dudalam nama YESUS KRISTUS. bukan dalam nama lain. Ingatlah nama YESUS mempunyai kuasa yang sangat besar. Kuasa yangg sanggup memulihkan segala sesuatunya. karena itu mintalah di dalam nama YESUS.

Perhatikan ke-5 hal diatas, Ingatlah janji Tuhan bahw Dia tidak pernah lali menepati setiap janji-janjiNYA. GBU

No comments:

Post a Comment